Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami || Zahrapedia Tips 2020

Hay.. Selamat datang di Web Zahrapedia.. 

Zahrapedia Tips 2020 - Kali ini Zahrapedia bakal bagi-bagi tips nih bagaimana cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami, tentunya tanpa efek samping yaa dear, karena yang dipakai adalah bahan-bahan alami dari alam 😊

Sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu kolesterol? Ya, kolesterol adalah komponen asam lemak yang terdapat dalam darah. Zat ini sangat diperlukan oleh tubuh, diantaranya yaitu untuk membentuk hormon, sel, dan merawat sel-sel saraf.

Oh ya sebelumnya Zahrapedia udah pernah post beberapa kali tentang cara menurunkan kolesterol ya, tapi jangan bimbang jangan khawatir, di postingan kali ini Zahrapedia bakal kasih tips yang lebih lengkap.. Check it out kuy!

Kunyit

Kunyit
Sumber: Jawapos.com


Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid. Kandungan ini terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bidesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%. Adapun zat yang bermanfaat lainnya adalah keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, zingiberene 25%, felandren, sabinen, borneol, dan sineil. 


Resep:


1. Siapkan rimpang kencur sebanyak 10 gram

2. Rimpang dicuci bersih dan iris tipis-tipis

3. Rebus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas

4. Seteleh dingin, air disaring dan diminum sekaligus

5. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu 

Wortel

Wortel (Daucus carota)
Sumber: Liputan6.com



Wortel mempunyai nilai kandungan vitamin A yang tinggi yaitu sebesar 12000 SI. Sementara itu, komposisi kandungan unsur yang kain antara lain, kalori sebesar 42 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat aram 9,3 gram, kalsium 3,9 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, vitamin B1 0,06 miligram, dan vitamin C 6 miligram. 


Resep:


1. Siapkan 5 buah wortel segar berukuran sedang

2. Wortel dicuci bersih, kemudian blender atau parutlah

3. Peras dan saring

4. Air perasan diminum sekaligus

5. Lakukan setiap hari

Rumput Laut

Rumput Laut (Seaweed)
Sumber: Idntimes.com



Komposisi kimia rumput laut bervariasi antar individu, spesies, habitat, umur panen, dan kondisi lingkungannya. Sedangkan komposisi zat gizi rumput laut sebagai bahan makanan adalah karbohidrat (gula atau vegetable gum), protein, sedikit, lemak, serta abu yang sebagaian besar terdiri dari natrium dan kalium serta 80-90% air. Di samping komponen gisi utama tersebut, rumput laut sangat kaya akan senyawa lain yang penting, yaitu vitamin B1, riboflavin, dan niasin. Dari beberapa jenis rumput laut di Indonesia, yang paling terkenal yaitu jenis Eucheuma sp. 


Resep:


1. Rumput laut digiling menjadi bubuk

2. Masukkan ke dalam cangkir

3. Seduh dengan air mendidih

4. Minum air tersebut setiap hari


Buah Naga

Buah Naga (Dragon Fruit)
Sumber: Liputan6.com


Secara keseluruhan, buah naga mengandung protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Dimana seratnya bias mencegah kanker usus, kencing manis, dan diet. Karotinnya mampu menyehatkan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit. Adapun kalsiumnya dapat menguatkan tulang.

Resep:

1. Siapkan buah naga segar secukupnya

2. Olah menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung



Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Sumber: Merdeka.com



Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat, misalnya asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang,vitamin B1 dan C. Selain itu, jeruk nipid juga mengandung senyawa saponin dan flavonoid yaitu hesperidin. Hesperidin bermanfaat untuk antiinflamasi, antiosidan, dan menghambat sintesis prostaglandin. 

Resep:

1. Siapkan buah jeruk nipis yang segar, lalu cuci bersih

2. Belah jeruk nipis menjadi 4 bagian, kemudian iris tipis-tipis

3. Masukkan irisan ke dalam gelas (irisan harus lengkap dengan kulitnya)

4. Tuangkan air panas hingga penuh, tutup dengan rapat

5. Tunggu sekitar 30 menit

6. Minumlah hingga habis

7. Lakukan secara rutin, sehari 2 kali pagi dan malam 

Nah, itu dia beberapa tips-tips yang special admin rangkum khusus untuk Sobat Zahrapedia. Untuk tips-tips yang lain, Zahrapedia akan bagikan di post selanjutnya ya. Jadi jangan lupa, ikuti terus di www.zahrapedia.id.

Selamat mencoba, semoga sehat selalu 😊

Post a Comment

1 Comments